Pages

Monday, January 11, 2010

tidak banyak yang berubah!

tidak banyak yang berubah. suasana masjid malam ini seperti suasana malam setahun , dua atau bahkan tiga tahun yang lalu. pada saat seperti ini, kuantitas jamaáh Isya' bertambah sedikit demi sedikit, dari hari ke hari. tidak ada yang bisa memaksa mahasiswa Faculty of Islamic Call untuk menorobos hawa dingin malam ini, menapaki 1 km jalanan area kampus kecuali satu hal; ujian yang semakin dekat!

dan gaya tiap-tiap mahasiswa pun belum berubah. mahasiswa Pakistan yang selalu menganyunkan badan mereka kedepan-belakang, kanan-kiri, persis seperti ayam yang mematuk bekatul, mahasiswa China yang membentuk satu-dua kelompok kecil untuk belajar bareng, mahasiswa Afrika yang mondar-mandir sambil komat-kamit mengahafal perkata setiap diktat, atau orang Indonesia yang lebih suka 'mojok' berdua sambil sesekali terdengar cekikikan karena pasti yang dibahas bukan mata kuliah melainkan nggosip hal-hal yang sangat tidak penting sama sekali untuk dibicarakan. tidak banyak yang berubah.

dan aku, masih dengan 'gaya tahunanku'; berselempangkan semangat '45, berjalan tegap memanggul beberapa buku tebal bertuliskan Arab gundhul, berduel dengan dingin yang kian menusuk, berjuang mati-matian untuk melahap materi ujian dalam satu malam!, sungguh perbuatan yang konyol!

tidak banyak yang berubah. meskipun putaran sejarah selalu terulang tiap tahun. meskipun setiap orang tahu setiap akibat yang akan ditanggung. meskipun setiap orang akan merasakan letih yang sangat. tetapi tetap saja, tidak banyak yang berubah dari aktifitas para mahasiswa ketika menghadapi ujiannya.

0 comments:

Post a Comment